Weekly Tips #4: Cara mudah agar rambut ikal bertahan lama

By venny-first-diary,blogspot.com - Saturday, May 27, 2017



Kalau ngomongin soal rambut, aku paling bete dengan kondisi yang nggak pernah rapi walaupun udah sering sisiran. Terkadang juga di bagian tengah rambut sering ada lekukan yang membuat tampilan kurang menarik bekas pernah di smoothing beberapa tahun lalu. Sempat juga wondering dengan rambut cewek-cewek di luar sana yang tetap terlihat mengembang alami dan bagus waktu di curling. Amazed aja gitu dan kadang sering jealous karena bisa tahan seharian tanpa lepek sama sekali dan tetap curling seharian.

Nah, setelah meluangkan waktu untuk menemukan permasalahan rambut, well, ternyata kadang ada runtutan penggunaan alat catok atau perawatan rambut yang salah, sehingga penaatannya nggak bertahan lama. Apalagi sekarang aku sendiri sedang mencoba model rambut pendek, yang kalau panjang sedikit saja agak membuat riweh karena ujungnya langsung mencuat tak beraturan ke luar sehingga tampilannya kurang enak dilihat. Belum lagi kondisi rambutku juga lumayan rapuh, kering di luar dan kusam. Gak heran ini membawaku untuk lebih selektif memilih catokan yang tepat, cara penaatan sampai produk yang wajib dipakai saat catokan supaya tetap terlihat sehat dan rapi.

Supaya lebih gampang, aku urutin satu per satu agar kamu nggak bingung ya. Jadi runtutannya sederhana aja sih sebenarnya, yang udah aku terapin mulai sekarang dan lumayan suka dengan hasilnya:
1.         Pastiin rambut beneran udah dikeringin 100%
Aku selalu kebiasaan menggunakan hot tools saat rambut belum benar-benar kering. Gak heran ternyata ini yang bikin rambut cepet rusak. Padahal aku kira ini nggak gitu masalah karena banyak juga kok temen-temenku yang langsung nyatok dengan rambut setengah basah. Sayangnya ini penyebab rambut bercabang dan rewel. Sejak saat itu aku mulai mengeringkan rambut sampai nggak ada tetes-tetes air lagi buat ngindarin rambut bercabang.
2.   Pake serum atau vitamin
Kebiasaan bandelku dulu itu langsung semprotin hair foam atau nggak sama sekali dan nyatok! Buset sih kalau nginget aku yang cuek banget dulu. Bayangin aku hampir nyat0k tiap pagi pas masih kuliah dan ritual ini selalu dilakukan tanpa rasa bersalah. Begitu udah tahu rambut mulai sering patah-patah, ternyata baru deh kenal dengan pentingnya gunain serum atau vitamin rambut khusus supaya dapat melapisi dan menjaga rambut tetap sehat terkena panasnya alat catokan.
3. Setel alat catok ke suhu teredah
Ini agak kedengaran mustahil karena kalau catokan disetel ke suhu terendah maka akan semakin sulit kebentuk. But, be patient karena ini dapat menekan kerusakan rambutmu. Panas dari straigtner yang kamu gunakan bisa membuat rambutmu kering dan rusak. So, be wise!
4.        Mulai nyatok!
Selipkan bagian rambut ke alat catokan, bentuk rambutmu sesuai keinginan dan usahakan tidak mencatok lebih dari 10 detik per helai rambut. Takutnya hangus dan rambut gampang rusak. Mulailah mencatok dari akar atau bagian tengah rambut. Biar lebih awet, bagian yang sudah di-styling boleh digulung dan dijepit bobby pin (itu lho jepitan warna hitam super langsing yang dijual per strip). Lakukan pada bagian rambut lainnya secara bertahap. Kalau kamu gak punya waktu banyak, boleh skip step ini ya:)
5.        Last touch
Setelah semua bagian rambut telah di-curling, lepaskan bobby pin, gunakan hair dryer dengan temperatur cold supaya bentuk rambutmu bisa bertahan lebih lama. Semprotkan juga vitamin rambut jenis spray sebagai last touch up supaya rambut tetap sehat berkilau sepanjang hari.

Sebagai cewek, tampil dengan rambut modis, rapi dan sehat tentunya selalu jadi idaman. Walaupun begitu, pastikan untuk lebih memprioritaskan kesehatan rambut dan tidak mengulang hal-hal yang dapat merusak helai rambut. Gara-gara nyatok dan curling rambut dengan cara begini, dulu rambut ikal yang cuma bertahan kurang dari satu jam sekarang lebih awet bisa up to tiga jam. Dan yang pasti, rambut tetap sehat. Kalau kamu sendiri, bagaimana caranya merawat rambut yang sering bersentuhan dengan hot tools? Share rahasiamu di kolom komentar,ya!

Last but not least, selamat menunaikan ibadah puasa untuk yang menjalankannya. Semoga amal dan ibadah diterima. Amin.

KEEP IN TOUCH HERE:
QUESTION AND SPONSORSHIP
email: vennyfirstyani@yahoo.co.id
FOLLOW MY JOURNEY
SNAPCHAT: VENNYFIRSTYANI1


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar