Review Natur Hair Treatment (Shampoo, Conditioner and Serum)

By venny-first-diary,blogspot.com - Saturday, October 10, 2015



“Your Hair Is Your Crown, Treat it Like The Queen....”

Rambut itu merupakan refleksi dari diri kita. Dengan mengubah gaya tatanan rambut, tidak dipungkiri kalau sebagian penampilan akan berubah. Makanya banyak banget para cewek-cewek yang rela ngeronggoh kocek dalem-dalem mulai dari ngeritingin rambut, nyatok, warnain, blow sampai membuat rambutnya terlihat ombre juga bela-belain dilakukan. But, its okay, life is too short to have boring hair, right?

But, take a look first, ladies and gents! Tahukah kamu kalau keseringan nyatok, warnain, bleaching sampai ngeritingin bisa menghadirkan berbagai masalah rambut seperti :
!          Rambut rontok
!          Rambut rusak
!          Rambut kering
!          Rambut bercabang
!          Ketombean
!          Greasy/Oily 
! Pori-pori tidak sehat dsb 


Iya, masalah rambut diatas sering banget kita temuin. Untuk itu, serangkaian perawatan rambut dihadirkan untuk menyuplai masalah rambut tersebut. Tetapi kita juga harus selektif dalam pemilihan rangkaian perawatan rambut karena ketidakpedulian terhadap masalah rambut dan cenderung sembarangan menggunakan produk rambut akhirnya bisa menimbulkan masalah-masalah rambut seperti diatas.

Melihat banyaknya permasalahan rambut, Natur, salah satu produk perawatan rambut dari Indonesia akhirnya menginovasi produk mereka dengan menghadirkan perawatan rambut mulai dari shampoo, conditioner, hair serum sampai hair tonic sesuai dengan kebutuhan rambut kita. 



Well, seperti janjiku kemarin, bisa dibaca postinganku disini saat diundang untuk menghadiri acara ‘Natur Hair Beauty Dating’, aku janji akan mereview produknya at least paling cepat selama 2 minggu. Akhirnya aku memutuskan untuk bener-bener nyobain seluruh produknya selama sebulan lebih untuk membuktikan khasiat dan juga maximal results dengan menggunakan rangkaian produk dari Natur. 

Well, walaupun ini merupakan produk sponsor, aku selalu mengikutsertakan opiniku yang sejujurnya sesuai dengan apa yang kurasakan setelah mencoba produknya. Aku beruntung banget mendapatkan satu set perawatan rambut mulai dari Natur Shampoo varian Moringa Aloeifera Extract, Natur Conditioner dan Natur Hair Serum. Ketiga rangkaian perawatan ini kupakai rutin seminggu empat kali dan sebelum mereview, aku ingin kalian mengintip terlebih dahulu permasalahan rambutku:

1.      Rambut Ngembang Seperti Singa

Lihat? Ini fotoku sebelum memakai perawatan. Aku ini tipenya cuek banget dengan masalah rambut soalnya udah nyerah dengan serangkaian perawatan rambut tetapi hasilnya selalu mengecewakan. Segala jenis masker dan vitamin udah kucoba untuk mengempiskan rambut singaku ini, tapi hasilnya selalu nihil dan bikin kantong bolong!

2.      Rambut Rontok

source image: google/www.trendingtop5.com

Kalau masalah rambut rontok ini, nggak usah ditanya lagi, hampir semua cewek pasti pernah mengalaminya. Termasuk aku.. sedihnya, rontokku itu lumayan parah loh! Bisa segumpalan pas disisir hiks >..< Untungnya rambutku lumayan tebal dan ber-volume, ditambah ngembang sehingga nggak keliatan tipis-tipis amat rambutnya.  

3.      Kulit Kepala Berminyak dan Berketombe


Ini udah jadi kasusku sejak jaman dahulu kala. Sejak jaman SMA aku udah banyak banget dapet ejekan sebagai agen ketombe dan bikin diriku nggak pede. Setelah gonta-ganti banyak merek shampoo dan masalah ketombe bisa teratasi, gantian kulit kepala yang merengek karena berminyak parah. So sad, right?

See? Pasti pada bingung dengan kondisi rambutku yang rewel banget. Rambutku memang membutuhkan perawatan yang intensif dan telaten untuk mencapai hasil yang diinginkan. So, thats why aku membutuhkan waktu hingga satu bulan lebih untuk memastikan produk-produk dari Natur bekerja maksimal untuk mengatasi permasalah rambutku yang banyak maunya. And lets go to the review!

Natur Shampoo Moringa Aloeifera Extract


First impression? Wanginya enak banget! Bener-bener jauh banget dengan produk shampoo Natur sebelumnya yang sangat kuat berbau wewangian herbal. Well, masih ada wangi herbalnya namun lebih balance yang dipadukan dengan komposisi modern-nya.

Teksturnya sendiri nggak gitu kental, berwarna kecoklatan dengan busa yang sangat sedikit. Iya, beneran sedikit sekali, sudah pernah kubahas dipostingan sebelumnya kalau busanya cukup minim. Ini karena Natur sendiri menggunakan kelapa sawit sebagai busa sehingga buihnya sedikit dan halus tetapi daya bersihnya tetap oke. Kelapa sawit dipilih karena lebih alami meminimalisir kemerahan dan kerusakan dalam rambut. (maaf banget temen-temen karena isinya udah keburu abis jadi nggak sempat motoin tekstur dari shampoo Natur-nya).



Aku sendiri yang kebiasaan memakai shampoo dengan busa melimpah butuh adaptasi selama dua minggu sebelum bener-bener merasa nyaman memakai shampoo-nya. Karena busanya yang sangat sedikit, aku bisa menghabiskan empat sampai lima pump shampoo untuk mendapatkan hasil busa yang kuinginkan. Anehnya, walaupun busanya sedikit, kulit kepalaku tetap terasa bersih dan segar. Nggak gatal-gatal pula, padahal biasanya kulit kepalaku ini rewelnya bukan main sehingga selama bertahun-tahun aku nggak berani mengganti shampoo-ku. Well, sepertinya formula dari Natur cocok dengan kulit kepalaku.

Ekstrak Moringa Aloeifera-nya ngelindungin rambutku dari kerusakan alat-alat catok yang hampir tiap hari kupakai. Rambutku tetap kelihatan sehat dan mudah diatur. Ternutrisi juga walaupun tidak begitu membantu dalam mengurangi minyak karena formulasinya bukan untuk kondisi rambut tersebut. Personal opinion, aku lebih suka Natur Ginseng Extract Shampoo yang dipakaikan saat aku treatment di Prestige salon. Well, karena rambutku sangat berminyak, aku merasa lebih cocok memakai yang formula Ginseng karena lebih tahan dari minyak dan bikin kepalaku seger seharian.


list ingridients dan cara pemakaiannya di box belakang 

corongnya yang pas untuk mengeluarkan isi sampoonya, nggak terlalu gede dan kecil jadi gampang mengaturnya

Natur shampoo sendiri hadir dalam enam varian yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan rambut. Ada ekstrak Ginseng yang membuat rambut terasa bersih dan sehat. Ekstrak aloe vera yang jawaranya dalam menutrisi dan membantu menjaga kesuburan rambut, cocok untuk rambut rontok dan kering. Natur olive oil extract yang formulanya melembutkan dan menghaluskan rambut. Natur dengan ekstrak urang-aring yang membantu merawat rambut hitam berkilaumu. Untuk masalah ketombe, nggak usah khawatir karena Natur juga hadir dengan ekstrak Tea Tree oil yang ahlinya dalam membantu mengurangi ketombe dan gatal-gatal. Terakhir, punyaku nih yang Moringa Aloeifera extract yang fokusnya menutrisi dan merawat rambut yang rusak.

varian shampoo Natur lainnya di brosur

Tips: Setelah isi dalam kemasannya habis, biasakan jangan dicampurkan dengan air lagi. Soalnya Natur shampoo terbuat dari bahan-bahan alami sehingga pencampuran air dan didiamkan dalam waktu yang cukup lama akan merusak kandungan alami dalam shampoo. Inget-inget ya guys, ini juga jadi salah satu penyakitku kalau isi shampoo sudah mau habis. Aku punya bad habit mencampurkannya dengan air biar bisa dipake lagi. Disarankan banget jangan melakukan hal ini lagi supaya bahan-bahan alami dalam shampoo tidak rusak.

Score : 3,5/5
Repurchase? Yes, with another variant, of course Ginseng Extract !

Natur Conditioner Moisturize & Black Hair Shine (Urang Aring & Olive Oil)

Wanita Indonesia itu identik dengan rambut hitam sehat berkilaunya. Untuk menjaga kelembaban rambut hitam berkilaumu, Natur menciptakan conditioner yang tepat untuk merawat rambut. Punyaku kebetulan dapat yang varian urang aring dan olive oil. Sekali lagi, yang paling kusuka adalah wanginya yang adiktif. Nggak gitu berat tetapi nagih banget. Aku yang biasanya males banget memakai perawatan conditioner sehabis membilas rambut, sekarang jadi rajin banget memakai conditioner. Selain ngedapatin hasil rambut yang lebih lembut dan halus, aku suka dengan formulanya yang menjaga agar rambutku tetap hitam berkilau dan sehat. Maklum rambut hitam masih terus kupertahankan karena titah dan amanat dari Mamaku sehingga aku rajin banget merawat agar warnanya tetap hitam sehat alami. 



Ekstrak olive oil-nya menjadi kunci dalam membuat rambut menjadi halus dan bahannya sangat aman karena menggunakan bahan-bahan alami, gampang banget dibilas juga dengan kehadiran olive oil. Untuk yang tipe rambutnya kering-berminyak, kandungan olive oil ini sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban rambut dan menjadi vitamin tersendiri untuk rambut. Iya, bahkan rambut berminyak juga perlu dijaga kelembaban rambutnya supaya tetap segar berkilau.

corongnya yang lumayan gede, cukup satu pump untuk conditioning seluruh rambutmu


Teksturnya sendiri sangat creamy, tetapi cukup mudah dibaurkan ke rambut. Cukup satu pump kecil saja rambutmu sudah sepenuhnya ternutrisi. Warnanya sendiri putih susu dan yang paling kusuka, conditioner ini nggak bikin rambut makin berminyak. Yes! Setelah itu cukup didiamkan selama satu menit, udah itu bilas deh sampai bersih.

Kemasannya juga sangat eksklusif, dengan warna hitam dan bentuk segitiga terbalik. Isinya lumayan banyak, sekitar 200 ml. Cukup untuk dipakai 3-4 bulan dengan pemakaian 3-4 kali rutin dalam seminggu.


Natur Conditioner sendiri hadir dalam 3 varian :
1.       Natur conditioner Moisturize & Nourish (Olive oil & Aloe Vera) yang berfungsi melembutkan, menutrisi dan menjaga kesuburan rambut.
           2. Natur conditionerMoisturize & Hair Fall Control (Ginseng& Olive oil), cocok banget untuk membantu merawat kekuatan rambut supaya nggak banyak rontok.
   3.      Natur conditioner  Moisturize & Black Hair Shine (Urang Aring & Olive Oil) yang membantu menjaga kemilau rambut hitammu.

Tips (!) dariku sebelum memakai conditioner :
1.       Pilihlah conditioner yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan rambutmu.
2.      Gunakan dalam keadaan rambut setengah kering setelah keramas menggunakan shampoo.
3.      Oleskan conditioner HANYA dimulai dari bagian tengah rambut sampai ujung rambut. Hindari mengaplikasikan conditioner dari akar ataupun kulit kepala karena hanya akan membuat kulit kepala semakin greasy atau parahnya bisa berketombe.
4.      Optional : setelah menggunakan conditioner, boleh dibungkus dengan handuk hangat selama satu menit. Usahakan selama satu menit agar kandungan dalam conditioner terserap secara maksimal.
5.      Setelah itu keramas sampai bersih!

Score : 4/5
     Repurcase: Yes!

Natur Hair Serum


Well, finally aku mencoba juga perawatan rambut bertitel ‘Serum’. Sebelumnya hanya pernah sekali aja memakai produk dengan titel ‘Serum’ karena lebih sering larinya ke vitamin apalagi kalau untuk urusan rambut. Padahal penggunaan serum sangat penting loh untuk rambut, terlebih lagi karena formula dari serum lebih tipis dari vitamin sehingga kandungannya bisa terserap lebih cepat oleh rambut. Beruntung, karena akhirnya aku bisa berkesempatan mencoba perawatan serum rambut dari Natur Hair Serum Protecting Treatment with Natural Active Oil & Vitamin E.



The Product Claims:
Membantu merawat, menutrisi dan menjaga kelembaban rambut secara alami serta merawat kemilau rambut hitam. Dilengkapi vitamin E sebagai antioksidan yang merawat kekuatan rambut karena patah dan bercabang.

My Opinion?



Lets take a look first from the packaging! Yeah, black again. My opinion, black is very exclusive colour and from the packaging you can tell that the product seems elegant and look pricey. But, well.. harganya hanya dibrandol sekitar 70k-80k tergantung dimana kamu membelinya. Nggak gitu mahal untuk ukuran sebotol serum karena biasanya serum-serum rambut itu rata-rata bertengger diangka lebih dari 100k. 


Botolnya sendiri berisi sekitar 60 ml dan sangat travel friendly. Nggak perlu khawatir tumpah atau isinya meleber kemana-mana karena bentuknya pump dan ada penutup yang ngelindungin pump-nya. Waktu pertama kali kubuka pump-nya agak sedikit sulit untuk mengeluarkan isinya. Kalau dipikir-pikir bagus juga untuk mengantisipasi kemungkinan isi serumnya tumpah kemana-kamana. 


Dari segi aroma, ketika mengeluarkan isinya dari pump wanginya agak sedikit kuat dihidungku. Aku sampai harus mengernyitkan hidung beberapa kali karena aromanya yang agak sedikit berat. Tetapi dalam beberapa hari akhirnya bisa beradaptasi dengan wanginya karena wanginya jadi lebih lembut setelah dipakai 20-30 menit kemudian. Sekarang aku malah heran karena sering nyium-nyium rambutku yang wangi dan nggak lepek lagi.

Untuk masalah rambutku yang berminyak, aku cukup membutuhkan satu pump serum yang kuoleskan ke seluruh rambutku, dimulai dari bagian tengah sampai ujungnya. Beneran surprise deh dengan hasilnya karena serum ini nggak bikin rambutku semakin berminyak! Thanks, God! Serum ini menutrisi, merawat dan melindungi rambutku yang sering banget tersentuh alat-alat catok.

List ingridients Natur serum

Pernah nggak sih kamu ngerasa saat dalemnya rambutmu itu berminyak, tapi bagian luarnya terasa kering banget? Nah, itu tuh yang kurasakan. Tetapi setelah menggunakan perawatan Natur secara teratur selama hampir dua bulan, aku ngerasa rambutku jadi lebih seimbang walaupun masih tetap berminyak. Namun porsi lepeknya sudah jauh lebih berkurang daripada sebelumnya. Apalagi dibantu banget dengan serum ini. 


Tekstur serumnya berbentuk gel, agak sedikit lengket dan tidak berwarna. Setelah dipencet keluar dari pumpnya, teksturnya lebih seperti gel bening yang bergelembung kecil-kecil.

Setelah memakainya selama hampir dua bulan rambutku jadi lebih sehat, kuat, teratur namun untuk efek bercabangnya yang berkurang sepertinya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencobanya.  Tapi overall, aku cukup puas dengan performa dari Natur Serum ini. Kandungan Natural Active Oil dan Vitamin E sangat membantu menjawab permasalahan rambutku yang super rewel. Terutama masalah rambut singaku, dengan serum ini setidaknya rambutku jadi lebih terawat, lembut dan terhidrasi.

Score : 4/5 
Repurcase ? Why Not? The Serum fix my lion hair problem, guys!

That’s all rahasia perawatan rambutku selama hampir dua bulanan ini. Gimana dengan rahasia perawatan rambutmu? Jangan lupa share rahasia perawatan rambut cantiknya.

 After memakai serangkaian produk hair treatment dari Natur


Ada yang pernah memakai serangkaian produk Natur juga? Gimana pendapatmu setelah memakai produk perawatannya?


Untuk yang penasaran dengan serangkaian perawatan rambut dari Natur, bisa melihat infonya di :

Facebook : Back to Natur
Twitter : backtonatur

 I will see you and your beautiful face, beautiful smile on my next post.
Uh, also dont forget put the smile on your face after you read this blog, hope this review can help you who’s still seeking for new haircare produts. Bye ladies and gents!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar