9 Momen #BahagiaDiRumah Versiku dan Keluargaku

By venny-first-diary,blogspot.com - Tuesday, May 31, 2016



Momentum berkumpul bersama keluarga merupakan kesempatan emas yang belum tentu bisa dinikmati sebagian orang akibat rutinitas yang tinggi. Khususnya bagi orang perantauan yang jauh dari keluarga dan hanya bisa bertemu dengan keluarga pada saat-saat khusus seperti pada momen liburan. Terkadang malah, kita yang tinggal satu atap dengan keluarga, karena kesibukan kerja yang tinggi, kita melupakan betapa berharganya arti ‘Berkumpul Bersama Keluarga’. Bahkan sebagian besar orang, pada hari Jumat malam sampai menjelang hari minggu kita lebih puas menikmati liburan di luar sana bersama teman-teman dan menghabiskan jumlah dana yang tidak sedikit.

Tetapi tahukah kalian? Berkumpul bersama keluarga itu tidak perlu sampai menggelontorkan dana yang seharusnya bisa masuk pada tabungan kalian. Ingat quotes ‘Bahagia itu Sederhana’? Artinya bahagia itu nggak melulu harus makan di luar, belanja cantik sampai menghabiskan dana jutaan rupiah untuk hal yang nggak perlu. Sesekali boleh, tetapi untuk setiap saat rasanya kegiatan tersebut bisa kita salurkan pada hal-hal hangat yang dapat kita lakukan dengan mudah di rumah. Begitu juga dengan diriku yang notabene anak perantauan. Berkumpul bersama keluarga itu ‘tiket langka’ yang nggak setiap waktu dapat kunikmati. 

Jadi, mempunyai waktu liburan panjang selama 2 bulan sangat sayang aku lewatkan jika aku hanya melewatkannya setiap saat di luar tanpa keluargaku. Aku cenderung lebih dominan melakukan aktivitasku di rumah, karena #BahagiaDiRumah itu kuncinya sangat sederhana. Mau tahu 9 momen #BahagiaDiRumah versiku? Aku sudah merangkumnya untuk #Novaversary, sekaligus untuk merayakan ulang tahun Nova yang ke 28.

Masker dan Ngobrol Cantik Bersama Mama Tersayang
Ini hal paling sederhana yang kulakukan setidaknya seminggu sekali bersama Mamaku. Kita sering banget melakukan maskeran dan sesi curhatan di malam sebelum tidur. Dari usia dini, aku memang sudah sangat dekat dengan sosok wanita yang melahirkanku 21 tahun silam ini karena peranannya yang sangat penting dalam hidupku. Walaupun bisa berkomunikasi via telepon maupun media sosial, rasanya dengan bertemu langsung  dan menceritakan kisah yang kita temui pada hari tersebut terasa lebih hidup dan menyenangkan.


Hobiku kalau ngobrol dengan Mama? Ya Gosip! Tidak ketinggalan curhat mengenai sesosok lelaki berparas rupawan di film-film. Atau sekedar membaca majalah maupun buku cerita bersama, rasanya seperti kembali menjadi putri kecilnya saat berumur 10 tahun. 

 Membaca Buku
Ini merupakan kegemaranku yang bisa membuatku lupa waktu saat berada di rumah. Membaca novel fiksi dengan segala unsur fantasi merupakan aliraku banget ketimbang novel romance. Aku menyukai novel petualangan dengan sedikit bumbu mistis dan teka-teki didalamnya. Harry Potter salah satunya, aku bahkan nggak pernah bosan membaca setiap lembar cerita dunia sihir dalam keajaiban novelnya ini. Aku seperti tersihir, sampai sekarangpun masih begitu. Kuharap, sampai tua-pun aku akan tetap membaca novel ini dan akhirnya bisa kubagikan kepada para penerusku, eh?  

There's always a room for Harry Potter! Bawa aku kembali pada masa kecilku yang indah dengan novel ini

   Berpesta Popcorn!
Bukan ritual keluarga, tetapi menjadi salah satu bagian yang nggak bisa terpisahkan dari keluarga. Kita berlima sama-sama doyan ngemil, tetapi untuk mengontrolnya, kita terbiasa membuat camilan sendiri di rumah. Salah satu camilan favorit kita, Popcorn! Papa lebih suka yang asin, sedangkan kita semua lebih suka rasa manis dengan saus karamel. Biasanya selain Papa dan adik keduaku, kami bertiga membagi tugas. Ada saja kepala chef yang bertanggung jawab memasak popcorn sampai mengembang, itu tugas si bungsu Ferian. Kemudian Mama merupakan juru membumbui Popcorn di rumah. Kalau aku? tugasku paling mudah dan menyenangkan, karena hanya mengamati proses pembuatan popcorn hingga jadinya masuk ke dalam perutku, hihi. 

 Kepala Koki rumah untuk membuat popcorn 

Popcorn karamel yang sudah jadi.. langsung ludess dalam hitungan menit

     Chill and Watch The Movie
Kita itu nggak cuma suka membuat popcorn dan menghabiskannya begitu saja. Momen yang paling kita suka dan tunggu-tunggu di malam hari, biasanya kita menontoni banyak film-film menarik di saluran tv berkabel! Yeah, sejak kemunculannya yang sangat populer dengan biaya yang relatif murah, kita memanfaatkannya sebagai pengganti bioskop di rumah. Plus, kita bisa makan popcorn dan refill minuman sampai puas, perut jadi menggembung di rumah! Sungguh #BahagiaDiRumah yang sangat sederhana. 

     Membuat Challenge Seru di Video!
Saat ini, momen bahagia nggak hanya kita bagikan pada orang-orang terdekat dengan diri kita saja, bahkan untuk orang lain hal jarak bukan merupakan masalah. Selama dua bulan penuh, aku banyak menghabiskan waktuku membuat video lucu dan konyol bersama kedua adikku. Ketika hasil rekaman itu diputar kembali, kita semua nggak bisa berhenti tertawa karena ekspresi natural  dan konyol terekam dalam durasi singkat video tersebut. Challenge yang sampai saat ini menjadi favoritku, tentu saja Egg Roullete Challenge. Lihat betapa berminyak dan baunya seluruh tubuh kami karena tantangan konyol ini. 

Egg Roullete Challenge

Penasaran? Kamu bisa cari dan lihat bagaimana keseruannya dalam teaser di foto ini.
atau sekedar membuat hal konyol dari barang bekas dibawah ini : 

               Si bungsu yang berpose ala robot dari hasil kotak buatan yang salah

 Photoshoot
Sejak mengenal dunia fotografi, aku nggak bisa berhenti terkagum-kagum dengan keindahan foto yang tercetak begitu indah dalam lensa kameraku. Fotografi itu nggak melulu mengenai objek benda, tetapi makhluk hidup juga salah satu objek paling indah dan menantang untuk diabadikan. Aku sendiri suka banget dengan dunia fashion dan beuaty. Nggak heran kalau semua objek fotografiku terpaku dalam dua hal tersebut. Tetapi kadang-kadang aku juga suka banget mengabadikan foto dengan objek diriku bersama tema kesukaanku. Jadi, aku terkadang suka memanfaatkan halaman belakang rumahku yang lapang dan hijau segar sebagai latar yang natural di lensa kamera. Dengan bantuan jepretan amatir dari adikku, aku sudah sangat senang karena hasilnya nggak kalah jauh kalau kita menggunakan jasa photoshoot freelancer.  


Objek fotografi lainnya di rumah, tepatnya di taman belakang pada saat sore hari. 

 Sesi ‘Brother and Sister’ Time
Kita nggak melakukan sesi ini secara rutin tiap malam, tetapi cukup sering karena ada saja salah satu adikku yang mampir ke kamarku di malam hari sebelum tidur. Keduanya sering banget menjadikanku bahan candaan mereka saat suntuk, atau biasanya mereka berdua juga banyak bertanya mengenai berbagai hal kepadaku. Hanya untuk menjawab pertanyaan ataupun miminta tips dan saran mengenai suatu hal, bahkan kadang-kadang soal cewek! hihi, maklum keduanya sudah puber. Hal ini bisa terjadi sampai larut malam bahkan nggak jarang kita jatuhnya terlelap bersama sehabis lelah bercerita. 

si bungsu Ferian (kiri) dan Andrian (kanan)

   Bertarung dengan Bidak Catur
Permainan mengasah strategi dan uji kesabaran ini sama sekali bukan masuk dalam jajaran favoritku menghabiskan waktu luang di rumah. Tetapi kenapa masuk dalam versiku dalam momentum #BahagiaDiRumah? Aku menyadari, hanya dengan menontoni kedua adik kecilku yang dengan serius bermain dan memindahkan perwira catur tersebut, ternyata cukup menghiburku karena aku sendiri tenggelam dalam keseruan permainannya. Dua duanya ngotot dan nggak mau kalah walaupun si bungsu paling kecil harus kembali menelan kekalahan selama beberapa saat dihantui suasana tegang. 


Lucunya, karena sangat menggemari permainan papan catur ini, mereka sampai mencetak dan membuat bidak-bidak catur versi mereka sendiri. Terkadang aku hanya mengulum senyum melihat kreativitas kedua adik kecilku ini. Entah permainan atau film apa yang menginspirasi lahirnya bidak catur imut ini. 

bidak catur hasil cetakan print out, dan kreativitas mereka :)
bidak putih (kiri) bidak hitam (kanan)

Membuat Kue dan Merayakan Momen Setahun Sekali!
Kalau hobi terakhir ini merupakan hobi favorit Mamaku banget. Ada saja hal yang dikerjakannya diwaktu luang, aku sadar banget Mama suka bereksperimen dengan bahan-bahan kue dan roti. Jadinya aku kebiasaan membantu Mama membuat Kue walaupun semua resep dan cara-caranya masih didikte, tetapi ketika melihat hasilnya yang lumayan rapi dan cita rasa kue maupun rotinya yang enak, hatiku langsung bahagia. Apalagi kalau kue itu ludes dihabiskan, wahh kebahagiaannya itu berlipat ganda! Aku juga terkadang membantu mendekorasinya, tetapi khusus untuk kue ulang tahun biasanya Mama sendiri yang menghiasnya karena hasilnya lebih rapi dan cantik. 


hasil kue ulang tahun buatannya, jangan dilihat dari tampilannya, tapi rasanyaaa...

Kuenya khusus dibuat untuk menyambut ulang tahun ke 80 Nenekku yang jatuhnya sehari sebelum aku berangkat ke Jakarta. Memang sudah diatur supaya bisa merayakan dahulu momen bahagianya sebelum kembali pada rutinitas di Jakarta. 

jepretan foto ulang tahun itu hal wajib! Ini para superheroku dirumah dan Nenekku tersayang yang selalu sabar membangunkanku ~~

Nah, temen-temen ini 9 momen #BahagiaDiRumah versiku, sangat sederhana bukan? Sederhana bukan berarti tidak berarti, namun momentum bersamanya yang sangat berharga karena memiliki nilai yang nggak pernah bisa tergantikan dengan apapun yang paling mahal di dunia ini. Karena sama halnya dengan waktu, momen itu sulit diputar kembali. Kalau kita tidak menaruh perhatian pada ‘momen’ #BahagiaDiRumah tersebut,  sebab terlihat sangat kecil, jangan pernah salahkan waktu saat kita menua dan menyesal nggak sempat melakukan hal-hal bahagia tersebut bersama orang tersayang disekeliling kita.

Hargai, Cintai dan buatlah momentum hangat versimu sendiri di rumah. Lebih peka dan berilah sedikit perhatian pada sekelilingmu, terutama keluargamu. Kita nggak pernah tahu dan nggak bisa menebak bagaimana kekuatan ‘perhatian kecil’ tersebut bisa berdampak begitu besar kepada orang yang kita perhatikan.  

Aku sendiri jujur memang lebih dekat dengan Mama dan adik-adikku ketimbang Papaku. Tetapi aku sadar Papaku yang tipenya dingin dan pendiam itu juga sudah sangat senang sekali bukan main saat aku menanyakan, ‘apakah Papa sudah makan?’ atau ‘Jangan tidur malam-malam, Pa’ dan hanya bisa tercurahkan isi hatinya pada Mamaku. Mamaku yang memberitahuku karena perhatian kecil itu sangat berdampak pada Papaku. Sejak saat itu, aku malah menjadi sangat peka dan rutin menanyakan kabarnya.  

Keluarga kecilku yang luar biasa, Papa, Mama, Adik-adikku..

Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkan teman-teman memanfaat #BahagiaDiRumah kali ini? Jangan menunggu, ciptakan #BahagiaDiRumah versimu sekarang! Tulisan ini juga dibuat untuk menyambut NOVAVERSARY (Ulang Tahun Nova yang ke-28). 

Semoga di usia tabloid Nova yang ke 28 ini terus menginspirasi bagi para pembacanya. Aku termasuk salah satu penggemar setia tabloid Nova sejak SMP, karena Mama gemar sekali berlangganan majalah Nova. Informasi, resep-resep, mode dan tipsnya sangat lengkap. Untuk orang yang senang sekali membaca sepertiku, sampai saat ini tabloid Nova selalu menjadi pilihanku karena informasinya yang pas dan inovatif.

BLOG COMPETITION
#BAHAGIADIRUMAH













  • Share:

You Might Also Like

0 komentar