B-Blog’s I’am a Blogger : Blog adalah aromaterapiku.

By venny-first-diary,blogspot.com - Tuesday, April 22, 2014



Alasan aku nge-blog?



Kalau ngomongin soal awal mula aku ngeblog dan menjadi blogger seperti sekarang ini, tentunya hal itu tidak lepas dari ‘figur’ yang menjadi ‘inspirasiku’ selama ini. Aku punya blogger idola yang berhasil memotivasiku hingga akhirnya terjun dalam dunia menulis yang dulu pernah aku tinggalkan. Tetapi sebelum ngomongin soal  blogger yang berhasil menginspirasiku, sebenarnya sejak duduk dibangku kelas 6 SD, menulis sudah menjadi candu tersendiri bagiku. Aku senang menulis apapun, walaupun sekarang konsentrasi tulisan fiktifku biasanya seputar kisah romantika remaja.

Aku masih ingat, tulisan pertamaku mengenai detektif yang sampai sekarang belum menyentuh kata ending. Setiap novel yang kubuat selalu saja stuck sampai tengah jalan walaupun sudah berpuluh-puluh ide dibenakku yang kutuangkan dalam tulisanku. Sayangnya, tidak ada satupun yang rampung sampai detik ini. Apalagi, ditambah dengan hilangnya semua file-file-ku yang berharga, dari awal aku menulis sampai beberapa tahun lalu perjalanan menulisku. Saat itu juga, aku merasa malas untuk melanjutkan mimpiku menjadi seorang novelis. Putus asa, intinya. Rasanya membaca lebih menyenangkan daripada menulis. Selain lebih praktis, membaca memberikan kita hal-hal yang informatif ketimbang menulis yang menuntut kita memiliki sejuta jurus untuk menyenangkan pembacanya.



Itu persepsi negatifku saat tulisan-tulisanku lenyap, tetapi semuanya berubah ketika aku menemukan sebuah blog yang lapang, tenang dan kata-katanya seperti menari-nari ditelingaku.

Aku suka segala sesuatu tentang make-up, yes, of course.. dunia kecantikan sudah menjadi aromaterapi sendiri bagiku. Tetapi tidak melulu soal review kecantikan yang dibahas, tetapi bagaimana perjuangan kita untuk meretas dari cibiran-cibiran orang disekitar kita dan hal-hal negatif yang membelenggu kita sehingga kita ingin menjadi orang yang lebih baik, dengan cara merawat diri dan merias diri. That’s the point of beauty.

Kata-katanya mengalir begitu teduh dan ringan. Serta menggunakan Bahasa Indonesia yang praktis, hal ini sangat jarang kutemukan dari blogger-blogger Indonesia, yang lebih sering menggunakan Bahasa Inggris yang kadang sering salah kutafsirkan karena satu vocab bisa berisi banyak makna (memakai Bahasa Inggris untuk ngeblog itu sah-sah aja kok, cuman terkadang aku salah tafsir).

Blogger itulah inspirasiku, yang membawaku kembali pada dunia menulis yang kutinggalkan. Memperkenalkan aku akan sudut pandang baru tentang dunia menulis, dan contohnya menulis melalui blog, itu hal baru yang menyenangkan bagiku. Menulis tidak melulu harus panjang lebar sehingga terkadang kita mati langkah karena tidak menemukan ending. Tetapi menulis adalah tentang bagaimana kita ‘menikmati’ setiap tulisan yang kita buat dan bagaimana tulisan itu bisa ‘menginspirasi orang lain’ untuk menulis menggunakan warnanya sendiri. Kemudian hal itulah yang membuatku nge-blog sampai saat ini.


Bagaimana ceritanya nama dan juga tema blog-ku dibuat?

Sebelum mengusung nama venny-first-diary.blogspot.com, dulunya nama blogku adalah my-lovely-diaries.blogspot.com. Tetapi rasanya nama itu nggak banget dan masih agak sulit dihafalkan. Sudah hukum alamnya, kalau kita ingin blog kita dikenal banyak orang, selain rajin posting kita juga dianjurkan menggunakan nama blog yang se-simple mungkin supaya bisa bertahan lama di memori seseorang. Kalau kita menggunakan nama blog yang super ribet, orang-orang hanya akan membacanya sambil lalu dan nggak akan ingat nama blog kita. Terinspirasi dari namaku sendiri, Venny Firstyani, akhirnya aku bertanya-tanya, kenapa nama blognya bukan ‘venny-first-diary.blogspot.com’? Selain menggunakan namaku sendiri, ngeblog itu merupakan diari terbuka yang bisa dibaca oleh banyak orang dan pengalaman menulis diblog sendiri masih menjadi pengalaman pertama yang sangat baru bagiku. Berdasarkan hal itulah,  akhirnya blog dengan judul venny-first-diary.blogspot.com itu dibuat.



Tema blogku? Beragam! Mulai dari beauty, fashion, travelling, culinary dan seputar hal tentang duniaku. Sayangnya, sampai saat ini baru postingan tentang ‘beauty’ yang berhasil dipublikasikan. Yang lainnya seperti fashion, kuliner dan teman-temannya masih menunggu untuk diselesaikan dan diposting. So, sabar ya! Semuanya akan diselesaikan satu per satu, tetapi always, karena aku pecinta make-up dan skincare, tentu hal ini yang akan aku tonjolkan dalam blogku. Aku suka make-up ala korea dan terkadang cara berdandan dewasa ala lady di Barat juga menginspirasiku. Make-up korea itu lucu-lucu dan simple, harga make-up dan tutorialnya sendiri terbilang mudah ditemukan dan bersahabat dikantong. Memang sudah dari jaman behula juga aku terperangkap demam make-up k-pop. Kalau make-up barat sendiri terkadang sangat membantuku saat untuk ke pesta. Doakan ya semoga dalam waktu dekat aku bisa buat tutorial lengkap make-up look-ku!



coming soon akan diposting versi kuliner


Keuntungan selama ngeblogging?

Pertama, aku bisa menyalurkan kembali hobi menulisku yang sudah stuck sejak lama. Dengan ngeblog, secara nggak sadar kemampuan menulisku terasah kembali. Seperti menulis review, atau hanya sekedar bercerita ringan.

Kedua, ngeblog sebagai aromaterapiku. Setelah seharian sibuk beraktivitas diluar, salah satu tempat untuk membuang stress dan membuat hatiku tenang adalah dengan ngeblog.

Ketiga, aku termasuk tipe orang yang introvert, walaupun aktifitasku mengharuskan aku untuk menjadi orang yang ekstrovert. Belum lagi background pendidikanku sebagai anak Komunikasi yang dituntut jago berkomunikasi terutama didepan publik. Nah, itulah kesulitan utamaku. Walaupun aku senang bertemu banyak orang, tetapi aku sadar kemampuan komunikasiku masih jauh dari ekspektasi anak komunikasi. Melalui blog, aku bisa mengkomunikasikan diriku secara utuh dan apa adanya kepada banyak orang. Aku sadar kekuatanku bukan dikata-kata verbal tetapi lebih di tulisan.

Keempat, menemukan banyak teman baru yang mempunyai hobi yang sama dengan kita. Semua orang pasti senang membicarakan satu topik yang merupakan perbincangan favorit mereka. Walaupun hanya tersambung dari dunia maya, seenggaknya kita bisa bertukar pikiran, informasi sesama beauty blogger, memberi kritik dan saran, berbagi pengalaman dan mendapatkan banyak teman-teman baru karena kita punya interest yang sama dibidang tersebut.

Tips dan Trik untuk ngeblog dan menjadi seorang blogger


  Fokus

Apa sih yang ingin ditulis diblog ini? Walaupun kamu punya banyak kategori didalam blog, tapi aku yakin pasti ada satu yang menjadi ‘kategori utama’ dalam blog-mu. Tonjolkan itu, perdalam tulisan tentang hal tersebut, jika terkadang bosan dengan topik itu melulu, selingi dengan beberapa topik yang lain, tetapi ingat tetap tonjolkan tema utama blogmu.

     Foto

Banyak orang bilang, sebuah foto bisa mewakili seribu kata. Nggak usah memakai kata-kata yang ribet dan panjang lebar, cukup dengan foto yang jelas dan diambil dari angle yang menarik sudah dapat menjelaskan seribu kata yang ingin kamu ucapkan. Intinya, foto adalah tentang ‘rasa. Dan rasa itulah yang menentukan apakah fotomu menarik atau tidak dimata pembaca. Sebagai tambahan, foto akan semakin menarik jika kamu lihai memainkan kontras dan juga brightness-nya. Sayangnya, nggak semua orang pandai memainkan fitur-fitur dikameranya, sama seperti kasusku. Untuk itulah dapur editing seperti photoshop disiapkan. Ingat, gunakan rasa. Karena rasa’-lah yang membedakan fotomu dengan foto lainnya. Kamera hanya sebagai fasilitator, tetapi rasa-lah yang menentukan segalanya.

    Deskripsi rinci yang jelas
Selama ngeblog, aku menyadari dengan jelas kekuatan utama dari blogku adalah deskripsi rinci yang jelas mengenai hal yang aku bahas. Pembaca rupanya lebih senang jika diceritakan secara rinci misalnya aku mereview sebuah produk, setidaknya kucantumkan: kapan membeli, isi, tgl kadarluarsa, deskripsi produk, list ingridients, harga, cocok untuk kulit apa, kekurangan, kelebihan, kesediaannya dikotaku, packaging,aroma dll. Dengan deskripsi yang rinci, secara sadar atau nggak, blog kita akan lebih dipercayai oleh pembaca kita.

   Inspirasi boleh, tetapi jangan meniru
Dalam kasusku sendiri, aku jujur bahwa inspirasi pertamaku nge-blog adalah karena terinspirasi dari blog orang lain. Tetapi banyak orang yang mempunyai kasus yang sama sepertiku, dan terkadang ‘meniru’ blog orang lain. Ini bahaya, karena sama saja dengan plagiatrisme. Jika seseorang sampai bisa menginspirasimu, kamu harus ingat, itu warnanya. Kamu nggak boleh mencuri warna orang lain muluk-muluk dan menjadikan hal itu milikmu. Contohlah dia, campurkan warnamu kedalamnya, otomatis akan muncul warna baru didalamnya. Nah, itulah warnamu.  

     Design Template dan Layout
Walaupun bukan termasuk anak design, tetapi kita juga bisa kok kreatif dengan cara simple agar blog kita disinggahi banyak pembaca. Sekarang sudah banyak template gratis yang bisa didownload dimana-mana, atau jika mau kreasi sendiri juga bisa, tinggal download dan atur sendiri sesuai ‘rasa’-mu. Kalau saranku, pilihlah template dengan layout untuk ruang menulis yang lebar, agar ketika kamu memasukkan fotomu ke dalamnya, lebarnya bisa diatur sesukamu. Nah, dikasusku lebih banyak pembaca yang tertarik dengan layout yang lebar agar foto-foto yang gede bisa terpampang secara jelas dihalaman blogmu. Banyak yang bilang itu lebih menarik daripada layout yang kecil sehingga hanya bisa memuat foto-foto yang ukuran standar-kecil.

 Gaya berbahasa dan bahasa yang digunakan
Pilihlah kata-kata yang ringan, bahasa sehari-hari yang gampang ditangkap dan hindari kata-kata yang mengandung emosi didalamnya. Upayakan, menggunakan kata-kata yang mengalir lembut walaupun emosi saat itu meluap-luap. Ingat, blog bukan tong sampah untuk membuang segala unek-unekmu dan dikonsumsi oleh publik. Terkadang sehabis capek beraktivitas seharian, orang-orang membaca blog untuk membuat hatinya semakin teduh, bukan naik darah karena menemukan tulisan-tulisan yang nggak bermanfaat dan bikin hati penat.  

     Nama blog yang simple
Yup, gunakan nama yang mudah diingat dan akan selalu diingat oleh pembacamu. Hindari nama-nama super alay atau bahkan sulit diucapkan. Simple means everything.

     Pede-lah dengan tulisanmu
Rasa percaya diri seseorang kadang tercermin dari tulisannya. Ini juga hal yang sering aku alamin diawal-awal nge-blog. Sering ‘minta-maaf’ tentang review sendiri dan kadang nggak pede nyebut kualitas merek itu. Well, ini tulisanmu, pendapatmu, kamu bebas mengekspresikan dirimu selama masih dalam batas-batas dan dapat kamu pertanggungjawabkan. Aku belajar banyak, ketika kita pede dengan tulisan kita sendiri, kita menghargainya dan sadar atau tidak, sedikit demi sedikit orang akan datang dan mengapresiasikan tulisan kita.


    Komitmen
Ini hal yang paling sulit dan kualami sampai sekarang. Pernah lho kejadian selama tiga bulan berturut-turut aku nggak nge-posting apa-apa lantaran sibuk tugas liputan. Kadang juga karena terpengaruh mood-ku, pikiranku yang malas buat ngedit foto yang makan waktu berjam-jam atau ngedit tulisan yang kurang sana-sini sampai akhirnya nggak ter-post sama sekali. Soalnya aku ingin rinci dan menyadari kalau sifatku sedikit perfeksionis. Nah sekarang aku berusaha akali, sesibuk-sibuknya aku seenggaknya seminggu sekali harus ada postingan yang nongol diblog. Walaupun bukan soal ‘topik-utama’mu, ingat yang kubilang ‘topik selingan’? nah, manfaatkanlah itu! Pasti selama seminggu, ada hot topik terbaru yang menarik dan nggak ada habisnya untuk diulas. Nggak melulu topik tersebut harus topik yang berat-berat, tetapi mulai dari yang paling ringan juga bisa dibahas. Contoh: Wabah Selfie dikalangan remaja, Trend cut off dress ditahun 2014.

B Blog, apakah itu?

B Blog, merupakan singkatan dari Bina Blog Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Cyberbuzz, Inc. Perusahaan ini juga merupakan marketing blog network & social media di Jepang. PT. Bina Blog ini berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Singkatnya, B Blog ini merupakan layanan terbatas untuk anggota. Well, sebelumnya kamu harus meregister dulu sebagai anggota supaya kamu bisa mendapatkan informasi tentang proyek, event terbaru yang diadakan B Blog, diskusi kelompok, bertukar pendapat terhadap sebuah produk, talkshow dan kalau beruntung kamu bisa dikirimkan produk, bisa berupa makanan sampai kosmetik. Akses kaloborasi dengan advertiser juga mungkin bisa kamu dapatkan disini dan tentu saja berkreasi melalui tulisan. Untuk me-register di B Blog sendiri tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis.

Seneng banget karenanya aku menemukan sebuah ‘wadah’ yang tepat untuk menampung kecintaanku terhadap dunia menulis, khususnya menulis blog. Kreatifitasku diuji dan senengnya lagi, berdasarkan kabar yang santer di internet katanya B Blog sendiri sudah sering mengadakan lomba menulis blog untuk mengasah kemampuan para blogger. Plus, hadiahnya juga nggak tanggung-tanggung. Well, sebenarnya ketimbang hadiah, dengan joinnya aku dalam lomba menulis ini sudah menjadi kepuasan tersendiri bagiku. Walaupun nggak munafik juga aku pengen banget menang dalam lomba ini. Tetapi lebih dari itu, semoga tulisanku bisa menginspirasi dan memotivasi untuk para blogger baru yang hendak terjun kedunia tulis-menulis.

Saat ini B Blog sedang mengadakan lomba menulis dengan mengusung tema :

“B Blog’s, I A.M a Blogger”

Yang tertarik buat ikutan, silahkan dicermatin format dibawah ini. Hadiahnya beragam, mulai dari Lenovo Vibe X, LG Google Nexus 5, sampai hadiah uang tunai jutaan rupiah. 



Acara ini diorganisir oleh

Disponsori oleh:

                                                                       @galerikuku         


                                      Berpartisipasi dalam lomba menulis B Blog’s, I A.M a Blogger.

Sampai disini dulu ya temen-temen tentang ceritaku seputar dunia nge-blog, semoga bisa menginspirasi dan jangan pernah bosan mengunjungi peristirahatan kecilku ini. Have a nice day and..

Good Luck,

Venny Firstyani



last but not least, let’s my favourite rose say good bye for you, take care all:)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar