Food Theraphy #2: Festival Jajanan Bango, Surganya Pencinta Kuliner Indonesia #FJB2017

By venny-first-diary,blogspot.com - Sunday, May 07, 2017


Iyess, akhirnya weekend tiba juga! Hari yang paling ditunggu-tunggu karena aku udah siap banget membuat kalian laper dan ngiler dengan foto-foto makanan dari Festival Jajanan Bango (FJB) pagi ini. Kebetulan acaranya ada di ICE BSD, Hall 1, which is jaraknya deket dari kost-an sehingga jadi list wajib buat dikunjungi minggu ini.


Pas nyampai di sana, aku makin happy karena lokasinya tertata apik, teratur dan di dalam ruangan ber-AC dengan design khas Bango. Jauh banget dari festival kuliner yang pernah aku kunjungi karena rata-rata tempatnya itu outdoor, sehingga saat makan jadi kurang khusyuk (waduh bahasanya hehe) karena sibuk nahan panas dan ngelap keringat yang netes.

Kita sampai ke sana sekitar jam 9 pagi, wah, awal banget ya? Sengaja, karena aku sudah memperkirakan bakal penuh banget di atas jam 10, apalagi jam makan siang dan menjelang dinner, mungkin pas sampai ke sana udah keburu pasang muka bete karena ramainya yang nggak ketulungan. Eh, benar saja baru sampai ke sana jam 9, pengunjung sudah pada sibuk mengantri makanan masing-masing.

Ini dia list hunting makanan yang aku cicipi di FJB. Kekenyangan banget karena semuanya langsung dilahap dalam satu ronde, tapi puas karena bisa menikmati sajian khas nusantara yang otentik dan bikin kangen.

Sate Beureum Mang Soleh
idr 25k

Jajanan ini yang paling ingin aku incip pas sampai ke ICE BSD. Mata udah jelalatan aja nyari sate yang cukup hits di media sosial karena diincip langsung oleh food influencer waktu datang ke sini. Penasaran lho dengan sate lilit dan daging ayamnya yang nggak dilumuri saus kacang layaknya sate biasa, tapi dengan saus sambel khas buatan rumah. 


Sayangnya pas dicobain, kenapa rasanya nggak sesuai ekspektasi, ya? Daging satenya agak keras, lontongnya juga sudah dingin. Aku cuma makan beberapa suap saja dan menyerah pada tusuk sate keempat. Sausnya juga nggak gitu masuk ke lidahku. Mungkin karena seleraku yang agak aneh, ya? Kalau menurut kalian sendiri yang udah cobain jajanan ini, sate beureum-nya enak nggak? 

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
idr 35k

Seumur-umur, aku nggak pernah nyobain makanan dengan campuran daging kambing, soalnya waktu kecil pernah ditakutin sama Papa katanya bisa bikin muka jerawatan (dikibulin biar nggak minta kali, ya? hehe). Tapi waktu ke sini, nggak afdol rasanya lewatin nasi goreng kambing kebon sirih yang hits ini. Kuliner ini memang betul-betul harus dicoba. Memang presentasinya nggak menarik, standar seperti nasgor (nasi goreng) biasa, tapi rasa emang nggak pernah bohong, ya. Rempah-rempahnya kerasa banget, gurih, bikin nagih dan potongan daging kambing yang sudah dibentuk dadu itu beneran mantap! Rasanya makin maknyos dengan tambahan emping dan acar dengan saus khasnya. Ini enak, sumpah! Apalagi kondisinya masih hangat, karena dimasak langsung di atas wajan gede sambil diaduk oleh kokinya. Pokoknya #haujeksenciping deh!


Es Pisang Ijo Pemuda
idr 20k

Nggak lengkap rasanya kalau habis makan nggak ditutup dengan dessert yang manis, di lidah sepertinya ada yang kurang gitu. So, aku mampir ke kedai Es Pisang Ijo Pemuda di FJB. Tambahan vla yang legit dan manis ini beneran cocok dipadukan dengan es, sirup dan pisang ijonya yang empuk. Tapi tenang, rasa manisnya nggak bikin enek kok, malah sedap dan ketagihan. Kapan-kapan kalau ada waktu luang, aku mau ah mampir langsung ke kedainya. Pisang ijonya juga manis, nggak lembek dan rasanya cocok di lidahku. Okelah dari segi rasa:)


Overall, menu-menu di atas cukup membuatku puas (minus satenya, ya) dan nggak gitu penasaran lagi datang ke festival kuliner ini. Mudah-mudahan habis tahun ini, dalam waktu dekat diadain lagi deh jajanan khas Indonesia seperti ini, soalnya baru nyobain tiga tenant dari 70 kedai yang tersedia. Belum cobain kerak telor, nasi jamblang, es campur, ketoprak dan banyak lagi.


Nah, Minggu ini kamu udah datang belum ke FJB? Acaranya hanya sampai hari ini lho, tanggal 7 Mei jam 21.00. Kalau udah ke sana, apa nih kuliner favoritmu di sini dan share juga dong buat kamu yang udah nyobain menu yang kucicipi di atas, whats your thought about it? Happy eating, peeps!         

Festival Kuliner Bango 2017 (FJB)
ICE BSD Hall 1, Tangerang Selatan
Opening hours: 8 a.m- 9 p.m
Price (dari menuku): 20.000-35.000

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar