Review Neutrogena Ultra Sheer DRY-TOUCH SUNBLOCK SPF 50+ (PA+++)

By venny-first-diary,blogspot.com - Saturday, April 13, 2013


Say ‘Hello, Alloha, Annyahaseyo, yooo, ..’ sun! I’m ready for you!

Kali ini reviewku akan lumayan panjang karena selain mereview soal sunblock favoritku, aku juga akan membahas sedikit tentang bahayanya sunburn. Udah pada tau kan lovely readers, akan bahayanya sinar UVA dan UVB akibat terpapar sinar matahari alias sunburn terus-menerus? Nah, dalam hal ini untuk melindungi kulit kita dari radiasi sinar matahari yang nggak mengenal ampun, diciptakanlah sunblock! Kali ini pilihanku jatuh pada Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++) sebagai tabir surya andalanku.



Sunblock Neutrogena!

Sebelumnya taukah kamu akan pentingnya sunblock? 
Untuk yang masih awam nih, Sunblock itu adalah lotion/cream/spray/ gel/bedak (banyak jenisnya) yang akan dengan siaga membantu memproteksi kulitmu dari sinar matahari secara langsung. Kalian nggak mau kan kulit kalian jadi gosong atau makin item gara-gara sering berjemur dibawah teriknya sinar matahari tanpa memakai proteksi apapun?

Bahayanya Sunburn
Bagi kamu yang masih remaja, atau yang baru kenal akan bahanya sunburn musti dicatet dan dibaca baik-baik bahayanya sunburn ini bagi kulit.  Sunburn ini sejatinya adalah luka bakar yang kita alamin jika berada dibawah terik matahari secara langsung tanpa memakai proteksi apapun. Luka bakar ini terjadi karena kita terlalu banyak terkena sinar ultraviolet (sinar UV) yang bikin kulit merah-merah, melepuh, bengkak dan yang pasti rasanya menyakitkan banget. Parahnya lagi, kulit yang terkena sunburn biasanya akan mengalami perih dan terkelupas yang disertai oleh rasa gatal. Efeknya, nggak usah ditanya lagi, kalau terkena sunburn terus menerus dan gejala diatas sering terjadi, porsi kemungkinan terkena kangker kulit juga akan semakin membesar. Wahh... ternyata efek karena nggak memakai tabir surya itu mengerikan banget, ya! Dari namanya yang simple, sunburn kedengarannya nggak begitu berbahaya dan mengancam. Tapi setelah dibaca dan dicerna secara teliti, sunburn itu beneran mengerikan! Untuk itu kita perlu wonder woman bernama tabir surya alias sunblock untuk melindungi kita. 



Source google




Kenalan yuk dengan Sunblock!
Sunblock sejatinya udah musti rutin dipakai sedini mungkin, karena cuaca yang makin kurang kondusif, polusi, dan bahayanya radiasi sinar matahari membuat kulit kita makin rentan sekarang ini. Rentan memerah, menggelap dan yang paling ekstrim ialah rentan terkena kanker kulit! Untuk itu kita perlu malaikat pelindung bernama sunblock dengan jumlah SPF setinggi mungkin, makin tinggi makin bagus supaya kulit kita terlindungi seutuhnya dari jahatnya sinar matahari (note: setelah ku googling ke berbagai sumber, ada yang bilang kalo sunblock dengan SPF yang makin tinggi angka SPF-nya, formulanya makin kurang bagus. Tapi menurutku itu semua kembali lagi pada kita. Pakailah sunblock sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan jangan lupa selalu selektif dengan mengecek setiap formula yang terkandung dalam sunblock sebelum kamu membeli. Nggak semua merek/ sunblock dengan SPF yang tinggi itu formulanya makin jelek. Intinya selektif aja dalam memilih produk).  Kamu bisa memilih jumlah SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu karena sekarang sunblock udah hadir dalam banyak varian SPF. SPF minimal yang aku saranin pada kalian ialah spf 15 dengan catatan harus di apply ulang  sekitar tiga jam sekali.  Aku saranin memakai tabir surya dua puluh menit sebelum keluar beraktifitas outdoor atau bertemu sinar matahari langsung biar perisai sunblocknya bisa terbentuk sempurna sebelum berperang dengan sang ultraviolet. 



Ayooo, pake sunblock!
Source:  google

Oh ya informasi tambahan, sunblock juga berguna untuk mengatasi penuaan dini dan keriput. Jadi pemakaian sunblock emang dianjurin sedini mungkin. Ngeri juga kan ngebayangin kalau umur kamu masih terbilang remaja, tapi karena males memakai sunblock, kulit kamu tampak lebih tua dari umurmu yang sebenarnya? Malu kan kalau misalnya lagi jalan dengan nyokap, kita malah yang keliatan lebih kusam atau tua karena kita males memakai sunblock. Sedangkan nyokap tampak lebih berseri, merona dan awet muda karena rutin memakai sunblock. Kasus ini udah pernah aku alamin sendiri (dulu aku agak bandel, udah disuruh nyokap pake sunblock tiap hari tapi aku malah ngeyel hehe:p) dan sejak saat itu aku jadi rajin memakai sunblock. Pikirku, nyokap yang udah berumur aja rajin make sunblock, kenapa aku yang masih remaja ini musti males? Sayang lho nggak menjaga kulit sedini mungkin, karena efeknya baru keliatan saat kita memasuki usia dewasa (note: tua).


Pake sunblock biar mukamu nggak gosong!
Source:  google


Tabir surya di badan itu penting!


Anak kecil aja udah pake sunblock
Source:  netwellness.org

Sebagai cewek, wajar kalau kita selektif dalam memilih sunblock. Nggak semua kandungan dalam sunblock cocok dengan kita, begitu juga denganku. Kalau aku sembarangan memakai sunblock, kulitku pasti akan panas, memerah dan gatal-gatal. Untuk itu aku selalu hati-hati dalam memilih sunblock. Sunblock dengan kandungan perfume yang gila-gilaan juga kurang bagus (menurutku) karena kulitku yang cukup sensitif dan reaksinya akan timbul bruntusan kecil-kecil gak jelas yang gatal dalam jumlah banyak dikulitku.
Tapi semenjak dipertemukan dengan Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++), aku makin semangat memakai sunblock. Karena cocok dikulitku (baik wajah maupun tubuh). Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++) ini juga mengandung helioplex, lho! Yaitu kandungan yang memberi perlindungan berkali-kali lipat dari sunblock biasa yang tanpa kandungan ini. Makin ngerasa kelindung deh dengan hadirnya formula ini. Aku lumayan beruntung, karena bisa menitipkan produk ini saat tanteku jalan-jalan ke Watsons di Malaysia. Karena produk ini sama sekali belum avaible di Watsons Indonesia hehe:D


Voilaaa..my wonder woman was coming!

Tubenya cantik karena dikemas dengan warna favoritku, yaitu berwarna biru langit dan ada gradasi putih susu dibawahnya. Simple but eye catcing packagingnya. Isinya lumayan gede, sekitar 88 ml. Aku ingat saat aku menitipkan produk ini untuk dibeli sekitar awal tahun lalu dan produk ini baru habis pertengahan maret tahun 2013 ini. Karena produk ini belum avaible di  watsons indonesia, aku jadi lebih berhemat menggunakannya. Biasanya sunblock ini kugunakan kalau sedang berada di outdoor seperti pergi berenang, ke pantai dan aktifitas yang memaksa aku harus stay dibawah matahari dalam waktu yang lama. Selebihnya, kalau berada didalam rumah, kampus atau ruangan yang ber AC, aku mengandalkan vaseline healthy white spf  24 favoritku (bisa dibaca reviewnya disini).
Sunblock neutrogena ini menurutku mempunyai wangi yang sangat solid dan nyaman. Aku ragu wanginya kayak apa, tapi yang pasti aku suka banget dengan aromanya ini. Kayak wangi lotion baby dicampur wangi lotion remaja. Walahhh... wangi apa ya jadinya? Hehe:p Pokoknya aromanya sangat soft dan solid dihidungku. Plusnya lagi, sunblock ini wanginya tahan lama. Hmm.. jadi punya hobi baru nyium bau sunblock ini hihi:D.
Packagingnya juga simple dan higenis. Berbentuk tube yang ada corong gede untuk ngeluarin isi sunblocknya. Sunblock ini memiliki warna putih susu dan bertekstur sangat creamy. Saat membaca judulnya kalau sunblock ini termasuk dry touch, aku langsung mengambil kesimpulan kalau sunblock ini nggak berminyak dan nggak lengket dikulit. Setelah kucoba, hasilnya memang nggak lengket sama sekali! Paling saat beberapa detik pertama akan terasa basah karena baru diaplikasikan, sesudah itu voilaaaa.... kulitku nggak kerasa lengket. Aku langsung memberi nilai 90 dari angka 100. Selain itu sunblock yang bertekstur creamy ini juga gampang banget diratakan, nggak ninggalin white chast, plus angka spfnya yang mencapai 50 dan triple bintangnya, ditambah lagi ada kandungan helioplexnya. Wuidiihh... mantap deh perlindunganku. Aku nggak merasa takut lagi kalau memang harus terpaksa berjemur dibawah matahari. Say bye to payung! I’m ready to fight with sun!! Hehe:D


Corong sunblocknya gede


Zoom!!


Teksturnya creamy, creamy and creaammmy~~


Saat dibaurkan


Say bye to lengket!

Kemudian setelah aku merasa sunblock super ini cocok di kulitku, aku langsung mencobanya diwajahku. Sunblock ini emang diformulasikan nggak hanya untuk badan, tapi bisa juga untuk muka. Saat itu aku memang sedang rencana jalan-jalan keluar dengan teman-teman, makanya kucoba eksperimen diwajahku yang ekstrim berminyak karena udah kebukti sunblock ini dry touch. Tapi selang dua jam , mukaku kembali berminyak dan menurutku  lebih parah daripada nggak memakai sunblock. Aku bingung, ditubuhku sunblock ini bekerja dengan sangat efektif, nggak berminyak sama sekali, tapi kenapa di mukaku sunblock ini membuat wajahku jadi kilang minyak begini ya? Setelah kupikir-pikir, wajarlah kondisi tubuh dan wajah kan beda. Apalagi wajahku berminyak dan kulit tubuhku termasuk kategori kering. Ditambah lagi, sunblock ini teksturnya creamy. Biasanya kalau ada krim yang bertekstur creamy emang lebih cocok dipakai untuk kulit normal hingga kering. Dan akhirnya, setelah kejadian itu aku memutuskan memakai sunblock ini hanya ditubuhku saja, walaupun sunblock ini nggak bikin mukaku break out ataupun gatal.
Pernah juga suatu hari setelah aku pulang dari  Bali, salah seorang temen cowokku bilang kalau kulitku nggak makin belang apalagi menghitam sama sekali. Padahal biasanya kalau orang pulang dari liburan, apalagi dari Bali, kebanyakan kulitnya belang karena terpapar terus sinar matahari selama berjemur di pantai. Tapi aku nggak. Aku tersenyum aja ngedengerin apa yang dikatakannya. Aku masih inget soalnya, selama sepuluh hari di Bali, aku jalan-jalan dipantai selama empat hari berturut-turut. Dari matahari pas berada ditengah-tengah sampai gelap hari. Aku juga main outbone yang mengharuskan aku digigit sinar matahari selama berjam-jam. Tapi aku nggak kapok berjemur berhari-hari karena aku punya senjata rahasia bernama sunblock. Bahkan wajahku juga nggak menghitam karena aku memakai sunblock (bukan Neutrogena). Aku juga akhirnya percaya tentang tulisan yang diklaim oleh pihak johnson-johnson, yang memproduksi produk ini kalau sunblock ini waterproof. Terbukti banget, saat aku main banana boat, main ceplok-ceplokan air di pantai tapi sunblocknya nggak luntur sama sekali. Ya ampun... i’m in love with Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++)! Cuma kalau masalah harga, untuk kemasan 88 ml ini rasanya agak mahal aja untuk kantong mahasiswa biasa sepertiku. Aku nggak ingat nominal pastinya berapa karena mamaku yang ngebayarin waktu itu. Yang pasti harganya diatas angka seratus ribu lebih. Mahal emang, tapi melihat produk ini yang worth it, aku nggak menyesal sama sekali udah pernah membeli produk ini. Thanks Neutrogena, you are already fullfil your job! You save me from sun damage. Love you :D hehe.


Bagian belakang tubenya


Waterproof, sweatproof, oil free etc i love it!


List ingridients-nya

Tips nih untuk kamu, selain pakai tabir surya alias sunblock, beberapa hal dibawah ini juga musti kamu perhatiin biar makin terlindung dari si jahat ultraviolet :

-       Pakailah jaket, sweater, atau pakaian berlengan panjang yang cukup tebal (sesuaikan dengan daerah dimana kamu tinggal, karena kita tinggalnya dinegara tropis, jangan pake sweater kayak di musim salju hehe:D) kalau kamu hendak berpergian ke luar rumah. Bila perlu, pakailah sweater atau jaket yang mempunyai topi yang lebar untuk melindungi wajahmu dari kontak matahari secara langsung. Dan jangan lupa pakai celana panjang. Hindari memakai warna-warna yang dapat menyerap panas secara langsung seperti warna hitam.
-           Say no untuk berjemur! Hindari, plis hindari, berjemur ditengah matahari diatas  jam 10 sampai sekitar pukul 4 sore. Itu adalah ketika matahari sedang berada dipuncak kejayaannya. Kalau kamu emang terpaksa harus keluar, jangan lupa memakai atribut yang udah kujelasin di poin pertama tadi. Kebanyakan kita melihat orang bule berjemur karena ingin punya kulit yang cokelat sehat eksotis. But please note before you do this, walaupun kamu orang Indonesia yang mengincar kulit tan alias coklat eksotis, ingatlah selalu akan bahaya UVA dan UVB yang akan merusak jaringan kulit kamu. Belum lagi kamu pasti akan terkena sunburn walaupun baru beberapa menit berjemur dibawah matahari tanpa proteksi. Biarpun kamu ke pantai atau lagi holiday, jangan pernah mau diajak berjemur secara langsung ketemu matahari kalau nggak bener-bener terpaksa. Kusaranin, bila perlu kamu sedia payung selalu ditasmu.
-         Jangan pelit-pelit memakai sunblockmu. Pengolesan yang terlalu tipis tidak akan memberikan proteksi yang maksimal dikulitmu, oleskanlah secukupnya secara merata.
-        Ngak cuma jumlah SPF pada sunblock yang perlu diperhatikan, tapi perhatikan juga kandungan PA+ nya. Semakin banyak jumlah + nya semakin baik. Kandungan PA+ ini sangat baik dalam melindungi kulit dari sinar UV dan mencegah terbentuknya penuaan dini.


Plus Point From Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++):

Waterproof!
Wanginya solid dan tahan lama
Gampang di blend
Dry touch, gak pake lengket!
Nggak ninggalin white cast di kulit
Isinya lumayan banyak, 88 ml
Tubenya higenis
Packagingnya simple, cantik, nggak pake ribet
Bisa dibawa travelling
Spf 50 pa+++, perlindungan seutuhnya
Helioplex, i feel save with this formula!
Nggak bikin kulitku iritasi

Negative Point From Neutrogena Ultra Sheer dry touch sunblock spf 50+ (pa+++):

Belum avaible di watsons Indonesia
Harganya yang lumayan mahal

Voilaa, lovely readears, makasih banyak untuk yang udah mampir ke blog kecilku ini. Semoga reviewku ini bisa menjadi memberi sedikit kemudahan bagi kamu yang sedang hunting sunblock baru. See you next time, bye!



















  • Share:

You Might Also Like

0 komentar