Tips Hidup Sehat di Tengah Padatnya Aktivitas

By venny-first-diary,blogspot.com - Saturday, October 15, 2016



Halo lovely readers!
Apa kabar semuanya?

Sejujurnya aku bener-bener kangen dengan kalian  dan maaf sempat absen ngeblog hampir dua minggu ini. Alasannya, aku masih beradaptasi dengan pekerjaan pertamaku yang memerlukan hampir semua fokusku karena aku masih belajar. Padahal ada banyak banget yang ingin kutulis di blog. Aku mau cerita, mau sharing informasi mengenai kecantikan, life, tips dan sebagainya. Sayangnya, baru kesampaian sekarang. Sedihnya lagi, Coffee Chat Monday harus terlantar lantaran kesibukanku akhir-akhir ini >..<


Kali ini aku mau membahas mengenai tips untuk hidup sehat. Kenapa tema hidup sehat dipilih? Ya, karena selama sebulan bekerja, aku merasa diriku mulai mengabaikan kesehatan. Contohnya gampang saja, aku mulai suka jajan di luar, makan gorengan hampir setiap hari dan mengonsumsi kopi untuk menyelesaikan deadline ketat di kantor. Efeknya, nggak usah ditanya! Yang paling kelihatan saat ini adalah timbulnya beruntusan pada area pipi, komedo menumpuk dihidung dan wajah semakin berminyak parah. Belum lagi tubuh semakin melar karena hobi makan sembaranganku itu. Jadi beberapa hari ini aku mulai menerapkan pola hidup sehat untuk menunjang performa dan memperbaiki nutrisi yang masuk ketubuhku. Berikut tips hidup sehat ala diriku:

Pertama, perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau.
Buah kaya akan berbagai macam serat dan vitamin. Sedangkan sayuran hijau kaya akan zat besi, magnesium dan juga vitamin. Keduanya baik untuk menjaga kecantikan kulit dan kesehatan. Cara menyiasatinya, aku selalu sarapan dengan oatmeal yang dicampur dengan potongan buah segar seperti apel, pisang atau mangga. Kadang aku juga menambahkan kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan seperti kacang almond tanpa rasa. Siangnya, lebih banyak menambahkan porsi sayuran dari pada gorengan. Sup sayur dengan potongan ayam dapat dicoba karena selain membuat perut menjadi lebih hangat dan nyaman, kandungannya tinggi vitamin. Sedangkan malam, aku selalu menyempatkan diri dinner dengan buah apel, pisang yang ditambahkan dengan susu. Ternyata cukup mengenyangkan juga sekaligus agar bisa menjaga berat tubuh yang semakin melar. 

Kedua, olahraga ringan.
Perlu aku akui, olahraga merupakan hal yang paling BERAT bagiku apalagi kalau lagi bekerja. Bayangin aja masuk jam 9 dan pulang jam 6. Belum lagi kalau misalnya lembur. Besoknya, pas bangun pasti selalu mepet dengan jam kerja dong karena kelelahan masih dirasakan? Nah, mana ada waktu olahraga? Sedangkan Sabtu Minggu aku lebih doyan menghabiskan waktu istirahat full di rumah seharian atau jalan-jalan untuk me-refresh otak.  

Tetapi akhirnya aku MEMAKSA diriku untuk olahraga DEMI KESEHATANKU! Iya, setidaknya olahraga yang praktis, nggak ribet dan hemat waktu namun efektif. Mungkin kamu bisa mencoba gerakan cardio selama lima sampai sepuluh menit dengan durasi seminggu tiga kali atau lebih dari itu. Cardio itu bisa bermacam-macam, bisa squad di tempat, push up atau gerakan mountain climber. Bagi yang belum tahu gerakan mountain climber, itu loh gerakan dengan posisi seperti push up, kemudian kedua kaki dibelakang saling berlarian secara bergantian. Fungsinya agar dapat mengaktifkan otot di bagian kaki, perut, paha dan lengan. Cukup efektif karena lumayan membakar kalori dan terbilang cepat, serta nggak ribet!

Ketiga, hindari kebiasaan bergadang! Nah, habis pulang dari kantor setelah mengerjakan revisian yang menumpuk aku doyan banget melanjutkan kegiatanku dengan browsing ataupun blog walking melalui handphone. Kadang juga menonton video sampai malam sebagai bentuk ‘balas dendamku’ untuk me-refresh otak yang dipaksa berpikir hampir seharian. Sekarang, aku mulai mengurangi durasi bergadangku. Kalau biasa bisa menghabiskan waktu menontoni hiburan pada smartphone sampai jam 12 malam, saat ini batas toleransi bergadangku hanya sampai jam 10 malam. Hal ini untuk mencegah kebiasaan bergadang yang dapat berefek tidak baik bagi kesehatan dan juga kecantikan kulitku.

Keempat, minum banyak air putih! Hal ini yang susah banget kulakukan setelah bekerja. Pengennya kalau nggak teh tarik, es teh manis, ya kopi! Atau susu cokelat untuk memperbaiki mood-ku dengan zat bahagia dari endorfin-nya. Bisa dihitung loh, aku mungkin meminum air putih less than 3 gelas kecil per hari. So, mulai beberapa hari yang lalu aku membiasakan diri membawa termos besar isi 600 ml yang harus aku habiskan sebelum tengah hari. Dengan asupan air yang cukup, maka aku nggak gampang dehidrasi, meningkatkan fungsi otakku serta menjaga kesehatanku.

Nah, temen-temen itu sih beberapa tips yang dapat aku berikan berdasarkan pengalamanku beberapa pekan belakangan ini. Ingat, sesibuk apapun dirimu, utamakan selalu kesehatamu! Walaupun kamu sedang kerja dengan orang, sibuk skripsi, punya project baru dan sebagainya, biasakan dirimu untuk menomorsatukan kesehatan, karena kalau sudah sakit, sehat itu mahalnya luar biasa! Semoga tips diatas membantu ya!  

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar