Natur Hair Beauty Story Trip

By venny-first-diary,blogspot.com - Sunday, April 09, 2017

“Congratulation, you are invited to Natur Hair Beauty Story Trip to Bandung!”

Yes, i made it!
Beberapa minggu yang lalu aku sempat menghadiri acara dari Natur yang tengah memperkenalkan varian ginsengnya untuk para beauty blogger. Nah, dipenghujung acara tersebut, para beauty blogger yang hadir diberi kejutan oleh pihak Natur untuk menemukan special card yang terselip di sekitar meja maupun kursi.

Beruntungnya, aku mendapatkan kartu tersebut dan cukup terkejut karena isi dari kartu itu memberiku kesempatan untuk merasakan serunya Natur Hair Beauty Story Trip ke Bandung. Yeay, so lucky!

Aku merasa beruntung  banget karena bisa mengikuti trip ini barengan dengan dua beauty blogger lainnya yang terpilih, selain itu kami juga akan berangkat barengan dengan brand ambassadornya Natur yaitu bersama Kak Kania, Elin dan Ririe Prameswari. Sayangnya karena beberapa alasan, Kak Ririe yang seharusnya berangkat bersama kita untuk ngerasain keseruan di Bandung berhalangan hadir, jadilah kita berlima yang menjelajahi jalan-jalan cantik ke Bandung.

Setelah hampir dua minggu berlalu, akhirnya aku dihubungi oleh Mas Alan dari Natur untuk mengonfirmasi kedatangan serta meeting point nantinya sebelum jalan ke Bandung.

Psst.. sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandung, kita semua mendapatkan kesempatan untuk factory visit ke PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, tempat semua bahan, pembuatan sampai pengemasan produk Natur dibuat secara klinis dan higienis di sini. Sungguh kesempatan emas yang nggak semua orang bisa merasakannya, karena aku tahu, tidak sembarang orang bisa keluar masuk pabrik pembuatan produk Natur sesuka mereka. Aku benar-benar merasa sangat beruntung, tersanjung dan exciting banget. Dulu kalau inget factory visit yang pernah aku kunjungi saat jamannya SMA, sempat dengar keluhan dari pihak penyelenggara karena prosesnya cukup sulit dan ribet. Nah, sekarang saat bisa masuk dan melihat langsung step by step pembuatannya, aku sangat bersemangat serta nggak sabar untuk membagikannya pada kalian semua.

Saat sampai ke pabrik, sayangnya ada sedikit kemoloran waktu dari jadwal yang sudah diberikan. Seharusnya kita mendapatkan edukasi singkat terlebih dahulu mengenai company profile, product knowledge serta kuis singkat sesudah presentasi (bahasanya presentasi, berasa kuliah aja hehe).

langsung sibuk motret-motret begitu sampai ke pabriknya PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika
photo credit by Natur

Namun apa daya, akhirnya setelah perkenalan singkat, kita digiring untuk langsung keliling pabrik dari tahapan awal pembuatan produk Natur sampai masuk ke pasaran.

kita diwajibkan menggunakan helm ini sebelum masuk keliling pabriknya
we are so ready untuk keliling pabrik dan melihat langsung proses pembuatan produk dari Natur

ini pemandu kita selama di pabrik, namanya Pak Metrizal yang sangat sigap dengan semua pertanyaan kritis yang kita ajukan:)

Nah, sedikit cerita mengenai PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika, kalau kalian belum tahu, Natur yang mengusung konsep Back To Nature ini selalu mengedepankan bahan-bahan alami yang tidak mengandung pewarna kimia buatan. Aku yakin sih kalian pasti bertanya-tanya, kalau begitu warna dalam sampo Natur itu didapatkannya dari mana? Pertanyaan bagus, karena itu juga yang membuatku bingung. Ternyata PT Gondowangi Tradisional Kosmetika melakukan sendiri proses ekstraksi dari bahan – bahan alami tersebut dalam produksi Shampoo Natur sendiri lho!

photo credit by Natur

Ini dia bahan – bahan alami yang diekstraksi dalam sampo Natur seperti Ekstrak Ginseng  , Ekstrak Olive Oil   Ekstrak Urang – Aring   Ekstrak Aloe Vera dan Ekstrak moringa oliefera. Just for your information, dari Bu Ayu, aku baru tahu kalau ekstrak urang aring dalam shampoo Natur sangat ampuh mengurangi uban serta membuat rambut tetap halus dan lembut. Kebetulan Mamaku memang punya masalah dengan uban, jadi langsung kucatat dan pasti akan kubelikan kepada beliau setelah sampai ke rumah.

Hal yang paling membuatku exciting adalah ketika kita diizinkan masuk dan melihat langsung proses pembuatan sampo Natur, berikut dengan pengemasannya yang sangat higienis dan terjaga. Di sini kita berempat diwajibkan menggunakan semua atribut yang cukup ribet untuk menjaga apapun yang kita gunakan tidak menempel atau bertebaran di ruang super steril ini, bahkan sampai sepatu yang kita kenakan juga di cover dengan plastik khusus alas kaki untuk menjaga ruangan produksi tetap bersih. Kalau kalian penasaran, mari dicek fotonya di bawah ini.

pemandangan di dalam pabrik pembuatan dan pengemasan produk Natur
semuanya dikerjakan dengan hati-hati dan teliti

For Your Information (FYI), teknologi ekstraksi produk Natur sendiri dilakukan dengan sistim penyinaran ultra violet, menggunakan air yang terjamin kebersihannya dalam proses manufaktur. Dan juga dilakukan sistim Close System Process untuk menjaga kualitas produk supaya tetap higienis.

Untuk proses produksi dan mencegah terjadinya kontaminasi antara satu proses dan proses lainnya maka dilakukan pembersihan mesin dengan Clean In Pipe (CIP) System. Wah, standar kualitasnya sangat ketat ya, readers! That’s why juga sampo dari Natur memang nggak direkomendasikan dicampur dengan air karena dikhawatirkan bisa merusak bahan-bahan alami dalam produk Natur. Step terakhir adalah proses packing, di sini kita hanya diizinkan untuk melihat dari luar.

tahap terakhir, pengemasan sebelum masuk ke supermarket

Nah, usai factory visit, sebelum let’s go ke Bandung, kita masuk ke ruangan kembali untuk diedukasi serta mengetahui sejarah dari produk Natur yang didirikan oleh Mr. Liem Soedarno. Beliau berdedikasi mengembangkan bahan-bahan alami menjadi efektif dan membuktikan bahwa konsep Back To Nature memiliki potensi besar melalui penciptaan produk perawatan tubuh berbahan dasar alami, yang didukung dari riset dan penelitian ilmiah.

photo credit by Natur

Kita juga berfoto-foto dengan para tim Natur yang ramah banget.

Nggak lupa dong kita juga diminta kesan pesan setelah keliling pabrik Natur satu per satu.

Menurutku sih sebagai konsumen, tentunya aku nggak khawatir lagi karena melihat langsung betapa teliti dan ketatnya proses pembuatan produk Natur sehingga nyaman kugunakan sehari-hari. Selain itu, sekarang aku juga sangat menyukai produk Natur yang memiliki aroma lembut yang tidak setajam dulu sehingga betah kupakai dalam jangka waktu lama.

Setelah menyampaikan kesan pesan dan pamitan kepada tim Natur. Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Ke Bandung!

Perjalanannya sendiri memakan waktu kurang lebih tiga jam. So, begitu sampai ke Bandung, kita langsung makan siang di restoran Le Marly Menu makannya beragam dan enak banget. Here’s some sneak peak dari menu pilihanku, soo yummy!

beef steak lokal dengan mashed potato yang enak banget
super rekomend buat kalian yang sedang mampir ke Le Marly karena rasanya lezat dan tekturnya soft^^
kalau ini spagetti pesanannya Sefin, look so yummy ya?

yang lainnya pada sibuk ngobrol, aku sibuk motret hehe

Sehabis makan sore, kita kembali melanjutkan perjalanan ke Rumah Mode, walaupun jadwalnya tadi harusnya ke Herritage dulu sih. But it’s okay, asalkan judulnya jalan-jalan dan shopping, aku fine-fine aja hehe:)

kita berlima juga diberi uang saku untuk berbelanja di Mode House dari Natur. Wah, thank you so much, Natur!

Next, ternyata hari pertama ini balik-balik udah malam banget. Harusnya kita masih ada beauty shoot dan dinner cantik ke rumah Maja, namun karena sudah kemalaman dan para beauty blogger lumayan kecapaian, termasuk diriku, akhirnya kita langsung balik ke hotel. Buat kalian yang belum tahu, kita nginep di hotel fancy dan classy di Lembang yaitu Putri Gunung Hotel. Pas kita sampai, kondisi emang udah gelap tetapi aku tetap suka dengan view cantik yang disuguhkan dari hotel ini. Ditambah lagi rasa sejuk di Bandung memang selalu membuat mood jadi lebih baik setelah beraktivitas seharian.

sekilas interior Putri Gunung Hotel

Aku juga happy banget karena di dalam hotel, Natur sudah menyediakan serangkaian perawatan rambutnya mulai dari shampoo, conditioner, tonic, hair serum, hair mist bahkan hair mask di dalam hotel untuk digunakan saat mandi nanti. Tentunya sebelum tidur aku melakukan banyak ritual dari serangkaian produk Natur agar rambutku halus dan nggak lepek keesokan paginya.

photo credit by Natur
Keesokan harinya, karena nggak tahan dengan pemandangan cantik di sekitar hotel, here’s it! Foto-foto indah di sekitar hotel pada pagi harinya. Oh iya ini sudah masuk hari ke dua yah. Aku langsung sibuk memotret sana-sini sebelum melanjutkan untuk sarapan pagi yang lezat ditemani view alam dari hotel yang memanjakan mata.

udara yang adem ditemani view hotel yang menyejukkan mata
ulalaa~~

sambil menunggu omeletku dimasak koki

view di dalam hotel yang terlihat fancy dan apik
Setelah breakfast, kita langsung digiring satu per satu oleh tim Natur untuk melakukan photoshoot di sekitar hotel yang rimbun namun artistik. Aku kebagian di urutan ke dua sehabis kak Iva dan exciting banget karena mendapatkan scene yang viewnya lumayan keren dan seger.

Untuk posenya sendiri, karena nggak terbiasa divideokan orang lain, jadinya memang agak kaku sehingga perlu di re-take sekitar 4-5 kali sampai hasilnya lumayan luwes dan mulus. Untungnya ada Mas Alan yang dengan sabar mengarahkan dan memberi masukan gaya yang sesuai agar nggak terlihat kikuk di kamera.

Setelah hampir satu jam berlalu, kita akhirnya melanjutkan beauty trip ini ke Farm House, Lembang! Salah satu agenda yang kutunggu-tunggu walaupun sebenarnya nggak masuk dalam list. Kita sampai ke sana sekitar jam 10.00 pagi dan kondisinya sudah lumayan ramai.

susu khas Farm House yang seger banget, punyaku sendiri rasa stroberi

Hal yang paling kutunggu-tunggu saat di Lembang adalah berkunjung ke rumah Hobit serta melihat para domba-domba disuapi langsung oleh pengunjung. Seru aja gitu, apalagi saat melihat kelucuan para domba yang mengejar-ngejar pengunjung minta diberikan wortel. Sebenarnya saat itu aku mau masuk ke dalam, cuma agak sedikit ngeri juga kalau misalnya masuk ke kandang domba dan dikejar soalnya kondisi kakiku masih sakit bekas terkilir kemarin.

Selama di Farm House, aku juga banyak menemukan spot-spot unik yang menarik untuk diabadikan dalam lensa kamera. Mulai dari lokasi gembok cinta yang so sweet, area berfoto dengan karakter halloween dan juga toko-toko unik yang didesign sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pengunjung.

lokasi gembok cinta di Farm House

ada juga para lady yang berpose ala Belanda dengan menyewa kostum di sini
lucu, ya?

Serta tidak lupa, sewaktu ke Farm House Lembang, nggak afdol rasanya kalau nggak membeli camilan kecil sebelum pulang. So, aku membeli beberapa oleh-oleh di sini.

Nah, setelah hampir tiga jam keliling farm house yang pengunjungnya semakin membeludak, akhirnya kita berlima menyerah dan mencari tempat duduk sambil menunggu Mbak Gita, Bu Ayu, Mas Alan dan tim Natur untuk berkumpul di meeting point yang sudah disepakati. Sambil duduk dan menunggu, tanpa sadar, semilir air menerbangkan anak-anak rambut ke pipiku dan nggak sengaja tercium samar di hidung. Wah, baru tiga jam jalan-jalan mengelilingi Farm House, ternyata rambutku sudah bau apek dan matahari saja. Agak sebel sih, soalnya aroma rambut yang seperti ini juga mempengaruhi mood buat jalan-jalan. Benar nggak sih, girls?

Untungnya, sebelum meninggalkan hotel tadi, aku sudah menyiapkan Natur Hair Mist di dalam tas, untuk jaga-jaga di saat darurat seperti ini. Kemasannya yang praktis dan aman membuatku nyaman membawanya ke manapun aku pergi. Hair Mist dari Natur ini membuat rambutku yang tadinya bau matahari menjadi lebih wangi dan segar, berasa habis keramas hehe (lebay!). Tetapi serius, at least, mood nggak jadi bete lagi karena urusan rambut yang aromanya kurang sedap.

Jam 13.00 akhirnya kita semua meninggalkan Farm House dan melanjutkan jajan-jajan cantik ke Pasar Cisangkuy.

Ada yang sudah tahu tempat ini? Mungkin buat kalian yang anak Bandung udah nggak asing lagi dengan food court yang dibuat seasik mungkin khas anak muda sehingga seru buat dijadikan tempat nongki-nongki. Pas banget karena kondisi perut sedang laper berat, akhirnya aku memesan makanan khas Indonesia lengkap dengan nasi yaitu Sop buntut. Biar makin seger, minumnya jus mangga dan sirsak aja!

abaikan backgroudnya ya..

Oh iya, kita juga mesen makanan yang bisa di sharing, salah satunya adalah seblak cisangkuy yang bikin aku penasaran. Soalnya banyak yang bilang ini enak dan khas Bandung banget dengan tambahan kencurnya. Untuk presentasi, karena baru pertama kali melihat langsung bentuk seblak, kelihatannya memang normal-normal saja. Tetapi pas dicicipi, well, walaupun ini bukan termasuk jajanan kesukaanku, namun rasanya lumayan di lidah kalau saja rasa kencurnya tidak begitu dominan.

Setelah jajan, kita langsung melanjutkan perjalanan untuk shopping di Herritage, salah satu list yang belum kesampaian kemarin. Di Herritage ini, kita diajak tim Natur untuk shopping dan diberikan waktu sekitar satu jam untuk mencari keperluan kita semua.

Sehabis shopping di Herritage, kita mampir dulu ke Kartika Sari yang merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas dari Bandung. Aku sendiri nggak membeli banyak makanan karena hanya khusus memberikannya untuk orang-orang di kantorku yang jumlahnya nggak begitu banyak. Setelah membayar, aku agak surprise juga sih karena Bu Ayu ternyata sudah membelikan bingkisan dari Kartika Sari untuk masing-masing beauty blogger. Wah, thank you so much Bu Ayu!

Dan akhirnya kita meluncur pulang, yeay! Overall, aku dapat banyak hal dari beauty trip ini. Dari pengetahuan mengenai produk-produk Natur yang alami sampai mendapatkan teman baru yang inspiratif selama di sini.

Aku ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Natur, Bu Ayu, Mbak Gita, Mas Alan dan semuanya yang nggak bisa aku sebutkan satu per satu karena telah memberiku kesempatan yang bermanfaat selama dua hari satu malam ini. Terima kasih sudah mau bersabar mengikuti dan meluangkan waktu istirahatnya untuk menemani kami serta memandu selama di Bandung.

weird pose kita bertiga saat jalan-jalan cantik bersama Natur, jarang-jarang kita pose unik begini ^^
Thanks juga untuk Elin, Sefin, Kak Kania serta Kak Iva yang memberiku pengalaman baru di Bandung serta mewarnai hari-hari menyenangkan di sana.

Thanks, Natur!
Website: www.natur.co.id
Instagram: @backtonatur

#KuatDariAkar
#NaturHairCare
#NaturHairBeautyDating
#HairBeautyStory

See you on my next Beauty Story :)